AKSARA IRIAN 2018. KERTA SEWINDU AKSARA IRIAN ATAU AKSARA INDONESIA

3
1791
Aksara Irian atau Aksara Indonesia kebanggaan NKRI

AKSARA IRIAN, AKSARA INDONESIA

 

Aksara Irian diciptakan berdasarkan aksara-aksara tradisional nusantara. Aksara-aksara di Indonesia yang beraneka ragam mempunyai kemiripan dan kesamaan ciri-ciri. Aksara Irian dibentuk dari aksara nusantara yang bersifat silabis atau suku kata.

Aksara Irian atau Aksara Indonesia kebanggaan NKRI

 

Pada perkembangan berikutnya Aksara Irian dirancang bersifat abjad atau huruf. Aksara Irian yang berupa fonem-fonem tunggal atas vokal dan konsonan ini berjumlah tigapuluh buah. Aksara Irian yang bersifat fonemik ini bisa dinamakan juga Aksara Indonesia.

Seluruh Aksara Irian atau Aksara Indonesia ini dapat dituliskan dengan satu goresan. Hal ini melambangkan kesatuan bangsa Indonesia.

3 KOMENTAR

    • Aksara Irian atau Aksara Indonesia pertama-tama adalah aksara Ciptaan baru; yang mulai dikembangkan sejak 22 Maret 2010.
      Aksara Indonesia dikembangkan dari aksara tradisional yang ada pada prasasti-prasasti dan aksara-aksara nusantara di Indonesia. Jadi sebagai sumber inspirasi Aksara Indonesia adalah sistem aksara yang sudah ada dan berkembang di wilayah Nusantara dari abad ke abad.
      Diharapkan, Aksara Irian atau Indonesia dapat menjadi wahana penulisan Bahasa Indonesia dan sebagai sarana pemersatu Bangsa Indonesia.

      Dhs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here