Dikelilingi buku-buku

Good Books, Good Friends!

Hari Buku Sedunia diperingati setiap tanggal 23 April. Selasa, 23 April 2019 menjadi hari yang sangat penting bagi penduduk INDONESIA sebagai motivasi untuk meningkatkan minat membaca buku, yang pertama. Baik itu buku fisik maupun digital. Dan yang kedua untuk menjadi negara yang lebih “Kaya”, secara mental dan secara sumber daya yang memang kaya, yang mana dengan pengelolaan yang baik kita bisa membantu negara yang lain. Jangan mengandalkan hutangan dari negara lain terus.

Setelah Conakry (Afrika Timur) pada tahun 2017 dan Athena (Yunani) pada 2018, tahun ini (2019) giliran Sharjah, Uni Emirat Arab dinobatkan menjadi ibukota buku dunia atau World Book Capital (WBC) tahun 2019.

Jauh sebelum dinobatkan sebagai WBC, Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan, Presiden United Arab Emirates (UAE) telah menyerukan bahwa negara yang menghormati dan menghargai buku akan menjadi negara pemimpin.

Dikutip dari theguardian.com, pemerintah UAE mewajibakan jam membaca kepada para pegawai di pemerintahan yang mana diberikan jam istirahat tambahan diantara jam kerja untuk membaca. Hukum ini juga berlaku bagi pemilik kedai kopi-kedai kopi untuk menyediakan bahan-bahan bacaan untuk pelanggannya, seperti dikatakan oleh perdana menteri atau wakil presiden Sheikh Mohammed.

Novelis Paulo Coelho menulis untuk Sheikh Mohammed, mengatakan padanya bahwa, “By riding the vessels of knowledge, powered by the wind of reading, you will soon anchor on the shore of a very bright and prosperous future”.

Sheikh Mohammed menjawab, “There is no future without books”.

Berikut penjelasannya, But what I do want to say is that we have learned a clear lesson: there is no future without books; no enlightenment or tolerance or co-existence, without books; no creativity or innovation or invention without books; no economic prosperity or pioneering or leadership.”

Ia menambahkan bahwa buku yang tidak digunakan tidak boleh dihancurkan atau dibuang, tetapi harus disimpan, didaur-ulang atau disumbangkan.

Kita tidak bisa membiarkan generasi-generasi kita hanya menonton video-video dan visual sepanjang waktu bukan. Menarik memang, tapi apakah itu membuat otak belajar atau bahkan ber-traveling memahami dunia? It seems just to be spoiler for our brain. Mereka juga tidak bisa menjadi gamer terus. Kalau mau mereka bisa menjadi kreator game! Dengan belajar dari buku; menulis buku, membaca buku jadi bukan menjadi konsumen video selalu/semata.  

Sementara itu berdasarkan laporan platform e-commerce global Picodi.com, minat masyarakat Indonesia untuk membeli buku berada di peringkat 5 di Asia.

Dikelilingi buku-buku

Peringkat Indonesia ini jauh lebih baik dibandingkan dengan Singapura dan Vietnam. Maka kita mesti bangga juga dengan angka buta aksara kita yang terus menurun. Di Indonesia angka buta aksara saat ini sudah menurun hingga di bawah 3 %. Tahun 2020 atau lebih sedikit mungkin Indonesia mampu mengajukan diri sebagai Ibukota buku dunia?

Hari Buku Sedunia. Di tanggal 23 April ini diketahui sebagai hari kematian dari penulis Miguel de Cervantes Saavedra yang meninggal di tanggal dan bulan yang sama seperti Saint George dan Shakespeare. Hanya beda tahun. Miguel de Cervantes yang meninggal pada tahun 1616 juga diketahui sebagai penulis Spanyol lewat karya sastra terbaiknya ‘Don Quixote’. Yang difilmkan pada tahun 2018 dengan improvisasi dan judul “The Man Who Killed Don Quixote”. Namun hanya karena inikah Unesco menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku (I’m not too sure), atau kita mestinya punya alasan lain?… Ada masukan, ide, atau tahu jawabannya? Komen di bawah ya… Ditunggu 😉

Dari kesegaran desa, dari penjuru negeri, dari Indonesia: Aksara, karya, pustaka, dapat tercipta. Jangan khawatir, itu akan berjalan terus. Betapa menyenangkan jika kita dapat berkarya terus, berkontribusi bagi dunia, dan negeri. Bunda Santa Teresa pernah bilang lakukan hal kecil terus-menerus, – jangan lupa lakukan dengan kelemahlembutan – nanti akan menjadi besar.

Hhh, I think it will contribute goodness to the world. 🙂 Happy World Book Day

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here