Setelah dua minggu bersakit-sakit dahulu, senangnya bisa kembali menulis lagi di laman blog ini. Menulis di laman blog ini adalah salah satu hal yang paling ngangeni dilakukan selama sakit demam. And what I have to write, honestly I don’t know for sure. I only imagine about poem, or a kind of it. Kamu tentu tau aku sangat menyukai Puisi. 😉

Kemarin, kita telah melalui tanggal 21 April, Hari Kartini. Juga, ada hari buku tanggal 23 April. Keduanya sangat penting.

Ibu Kita Kartini sangat penting untuk dikenang dan diingat. Sebagai seorang pejuang wanita yang wafat di usia muda, cita-citanya amat tinggi dan mulia. Cita-Cita yang bukan untuk ia sendiri, tetapi untuk wanita bumiputera yang hidup puluhan bahkan ratusan tahun setelah ia. Betapa sulitnya menjadi orang yang tak keaku-akuan. Namun R.A. Kartini bisa dan mau menjadi tidak egois. Ia pikirkan adik-adiknya, ia pikirkan kerajinan kayu ukir Jepara, batik dan seni lukis. Bahkan ia pikirkan wanita-wanita bumiputera yang belum pernah ia temui. Kita… Iya aku, kamu dan mungkin generasi-generasi yang belum dilahirkan. Maka dari itu untuk dia, telah kubuatkan sebuah puisi.

“Kesenian” dan “Pendidikan buat wanita” adalah dua hal yang membuat Kartini “hidup” sampai saat ini. Kedua hal itulah terutama yang diperjuangkannya. Ia ingin karena kedua hal tersebutlah orang Indonesia dihargai di mata dunia. Meskipun artis Dian Sastrowardoyo (DS) memerankan sosok Kartini pada film Kartini (2017), namun DS bukanlah R.A. Kartini. Keduanya sangat berbeda, dan banyak sekali esensi dan buah pikiran Kartini yang tidak tersampaikan dalam film Kartini. Sayang sekali! Oh iya, Apa kalian tau semboyan Kartini?

Berikut kutipan kata-katanya, dan yang jujur saja sangat menarik:

“Tahukah engkau semboyanku? AKU MAU! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “AKU TIADA DAPAT!” (Aku Tidak Bisa) melenyapkan rasa BERANI. Kalimat “AKU MAU!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung.”

Oh ya puisi tentang Kartini akan kuposting esok hari.

Tulisanku bersambung sampai di sini, esok Kita pasti jumpa lagi! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here